Kegiatan Dalam Dukungan

Festival Fulan Fehan

3 – 21 Juli 2018, September 2018 Belu, Nusa Tenggara Timur

Festival Fulan Fehan dengan tema “Pesona Likurai Belu” memiliki hubungan yang tak terpisahkan dengan tari Likurai yang memiliki makna filosofi dalam tentang nilai keramahtamahan, saling berinteraksi dan bekerja sama, serta saling menghargai.

Festival Budaya Saman

4 September – 24 November 2018, Gayo Lues, Aceh

Tari Saman adalah bagian dari warisan budaya masyarakat Gayo yang umumnya ditarikan oleh kaum laki-laki. Masing-masing mengenakan kostum hitam bersulam dengan motif Gayo warna-warni yang melambangkan alam dan nilai- nilai luhur. Gerakan-gerakan ini melambangkan kehidupan sehari-hari masyarakat Gayo dan lingkungan alaminya.

International Gamelan Festival 2018

9 – 16 Agustus 2018, Solo, Boyolali – Karanganyar – Sukoharjo – Wonogiri – Sragen – Klaten – Blora, Jawa Tengah

International Gamelan Festival (IGF) mengundang para pelaku dan peneliti gamelan dari berbagai daerah, kultur dan lokus kehidupan gamelan di Nusantara serta diaspora gamelan di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dll.. Keikutsertaan para pelaku dan peneliti gamelan akan mempromosikan sekaligus menumbuhkan minat masyarakat luas di dalam dan luar negeri untuk melestarikan dan mengembangkan gamelan.

Gaung Sintuvu dari Sulawesi Tengah

Agustus – Oktober 2018

Kegiatan ini akan menghadirkan serangkaian festival, yaitu:

  • Palu Salonde Percussion
    Kota Palu : 10-14 Agustus 2018
  • Vula Dongga dalam Eksotika Khatulistiwa Kab. Parigi Moutong 11- 14 Agustus 2018
  • Festival Bunyi Bungi:”Membaca Adab dan Peradaban” Kab. Sigi : 30 Agustus – 1 September 2018
  • Festival Budaya Poso
  • Padungku- Kab. Poso : 9-12 Oktober 2018

Multatuli Arts Festival

6 – 9 September 2018 Lebak, Banten

Multatuli Arts Festival digagas oleh Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Lebak sebagai kesinambungan dari Museum Multatuli yang diresmikan di Rangkasbitung pada 11 Februari 2018 lalu. Museum Multatuli dinyatakan sebagai museum anti kolonial pertama di Indonesia dan Multatuli Arts Festival merupakan bagian dari upaya untuk mengenalkan Multatuli dan Museum Multatuli kepada masyarakat.

Silek Arts Festival

7 September – 30 November 2018 Padang, Bukittingi – Padang Panjang – Sawahlunto – Payakumbuh – Pariangan Tanah Datar – Solok – Sumatera Barat

Silek Arts Festival (SAF) dikembangkan sebagai sebuah kegiatan berskala internasional dengan melibatkan para pelaku tak hanya dari kabupaten dan kota di Sumatera Barat serta peserta dari provinsi lain di Indonesia, namun juga para peserta dari luar negeri. Dengan demikian diharapkan terbangun keragaman, interaksi dan pertukaran nilai yang saling menghargai.

Blora Folklore Festival (Cerita dari Blora)

12 – 15 September 2018
Blora, Jawa Tengah

Blora Folklore Festival yang digagas dengan tema “Cerita dari Blora” mencoba membuka ruang apresiasi bagi ragam seni dan budaya dengan menghadirkan gelaran karya sastra klasik maupun modern yang terinspirasi oleh Pramoedya Ananta Toer dan beragam seni pertunjukan khas Blora seperti Barongan dan Wayangan.

Amboina International Music Festival 2018

23 – 27 October 2018
Ambon, Maluku

AIMF 2018 akan mengangkat musik bambu sebagai sub-tema festival dengan topik: “Amboina International Music Bamboo Festival 2018” dengan melibatkan musisi-musisi yang berasal dari beberapa negara dan kota-kota lain di Indonesia. Festival ini juga akan dimeriahkan dengan karnaval budaya nusantara, pertunjukan kesenian rakyat, workshop musik etnik, dan pelestarian lingkungan hutan bambu yang diperuntukkan untuk musik (Forest for Music).

Festival Tenun Nusantara

(Indonesia Weaving Festival)

14 – 17 Oktober 2018
Tapanuli Utara, Sumatera Utara

Festival Tenun Nusantara adalah program peningkatan kapasitas yang menyeluruh yang diawali dengan pendampingan untuk revitalisasi Ulos di 5 kampung tenun selama 5 bulan pertama. Kegiatan pendampingan untuk pendirian koperasi tenun, dan pembentukan kemitraan usaha antara komunitas tenun, koperasi, dan pihak luar yang bertujuan untuk mempromosikan makna hakikat Ulos dalam ritus hidup.

Sekretariat Indonesiana

Direktorat Jenderal Kebudayaan
Kompleks Kementerian Pendidikan & Kebudayaan
Gedung E, Lantai 6
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan,
Jakarta, Indonesia 10270
t: 0895-0445-3551 (PIC : Tendy)
e : sekretariat@indonesiana.or.id
ig : platform_indonesiana